SKRIPSI
PENGARUH STORY TELLING TERHADAP PENGETAHUAN KECANDUAN GADGET SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 16 PALEMBANG
XML JSONLatar Belakang : Masa usia sekolah dasar (sekitar 6 – 12 tahun) merupakan tahapan perkembangan penting dan fundamental bagi kesuksesan perkembangan selanjutnya. Saat ini perkembangan teknologi terutama gadget sangat pesat dan telah memberikan pengaruh ke seluruh aspek kehidupan salah satunya bagi anak usia sekolah. Hal ini perlu adanya pendidikan kesehatan untuk mencegah kecanduan gadget pada anak dengan media story telling. Tujuan: untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Story telling terhadap pengetahuan kecanduan gadget siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 16 Palembang. Metode: Penelitian pre experimental dengan desain one group pre and post design dengan menggunakan total sampling dengan jumlah 51 di SD Muhammadiyah 16 Palembang. Analisis dilakukan dengan uji Alternatif Uji Wilcoxon Sign Test. Hasil : Hasil nilai median pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan story telling yaitu 47,00 dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan story telling nilai median 88,00 meningkat sebanyak 41,00. Didapatkan hasil nilai Uji Wilcoxon Sign Test yaitu p value 0,000 <0,05. Kesimpulan: ada pengaruh story telling terhadap pengetahuan kecanduan gadget siswa kelas IV sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
IDA SEPTRIANA - Personal Name
|
Student ID | |
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edition | |
Departement | |
Contributor | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | Program Studi Ilmu Keperawatan : IKesT Muhammadiyah Palembang., 2024 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |